WELCOME TO MY BLOG'S---"FRANSISKUS ANDUT PANGALAYO-" ---SEMOGA BISA BERMANFAAT BUAT PEMBACA ---SEPUTAR MENJALIN ONLINE---

Sunday, February 5, 2012

Profil Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak


1.   Asal Usul Nama Menjalin ( Manyalit’n)
Menjalin merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah administratife kabupaten landak provinsi Kalimantan barat. Menurut penuturan para penatua-penatua masyarakat yang ada di kecamatan menjalin, kata menjalin ( manyalit’n dalam bahasa dayak) berasal dari kata dasar nyalit’n ( Nyalin atau Salin ). Konon menurut cerita, pada zaman dahulu, masyarakat kecamatan menjalin sering menyalin atau menulis kembali pesan yang di karang atau di tulis oleh masyarakat yang ada di hulu sungai karimawat’n ( Sungai  Mempawah Sekarang ) yang sekarang menjadi daerah kecamatan karangan (mempawah hulu).
2.      Secara Administratif
Secara administratif wilayah kecamatan menjalin termasuk dalam wilayah kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat Indonesia dengan kode wilayah kecamatan 61.08.03. Sebelum kabupaten landak resmi menjadi kabupaten pada tahun 1999. Kecamatan menjalin termasuk dalam wilayah Datil 2 kabupaten Pontianak. Jarak menjalin dari ibu kota provinsi ± 150 km dengan waktu tempu ± 2 jam untuk waktu normal. Luas kecamatan menjalin ± 4000 km2. Jumalah penduduk kecamatan menjalin berdasarkan data sensus tahun 2010 adalah 40.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 300 jiwa/ km2. Pada tahun 2010  Drs. C. Theotimus Ulon terpilih sebagai Camat Menjalin. Kecamatan menjalin terdiri dari 8 Desa/kelurahan.
Berikut Table Desa yang ada di Kecamatan Menjalin
No.
Kode POS
Desa, Kelurahan
Kecamatan, Distrik
DT2 Kota, Kabupaten
Provinsi
DT2
Kota, Kabupaten
1
79362
Kab.
2
79362
Kab.
3
79362
Kab.
4
79362
Kab.
5
79362
Kab.
6
79362
Kab.
7
79362
Kab.
8
79362
Kab.

Beriktu adalah penjelasan mengenai desa-desa yang ada di Kecamatan Menjalin
1.      Desa Bangkawe, yang terdiri atas Wilayah
2.      Desa Lamoanak, yang terdiri atas Wilayah Dusun Apo, Dusun Baweng, Seringkuyang, Santulangan, Tiang Aji, Saledok, Rangitan.
3.      Desa Menjalin, yang terdiri atas wilayah Dusun Sei bandung (sunge banokng), dusun Menjalin Hilir, Menjalin Hulu, Mensio, Tanjam dan Ganye,
4.      Desa Nangka, yang terdiri atas wilayah Dusun Nangka, Nyawan, Palades Betung, dan Cagat.
5.      Desa Raba, yang terdiri atas wilayah Dusun Raba, Dusun Konyo, Dusun Palades Kaca, Dusun Salore.
6.      Desa Rees, yang terdiri atas wilayah dusun Rees, Maria Bagak,
7.      Desa Sepahat, yang terdiri atas wilayah Dusun Silung, dusun Sepahat, Raso, Tengkuning, Lonjengan (Wilayah Transmigran).
8.      Desa Tempoak, yang terdiri atas Wilayah Dusun Tempoak

3.      Secara Geografis
Kecamatan menjalin terletak antara,,,,,,,,dengan keseluruhan wilayah merupakan dataran rendah. Gunung yang terkenal di kecamatan menjalin adalah gunung Samabue, sapatut’n, dan gunung Oha. Sungai mempawah (Kariawat’n) adalah salah satu sungai yang melintasi kecamatan menjalin.
Gunung Samabue yang ada di Kecamatan Menjalin
4.      Batas Wilayah
Sebelah utara kecamatan menjalin berbatasan dengan Kecamatan Sompak, dan sebagian kecamatan mandor. Sebelah timur berbatasan dengan wilayah kecamatan toho dan sebagian kecamatan mandor. Sebelah barat berbatasan dengan kecamatan Mempawah Hulu, sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan sadaniang.

Untuk info yang lainnya penulis akan posting di edisi berikutnya...

2 comments: